Senin, 21 Maret 2016

Turki Pesan Gula Semut Dari Jawa Tengah 200 Ton Per Bulan

Gula semut atau gula kelapa kristal dari wilayah sentra di Jawa Tengah meraih pesanan 200 ton per bulan ke Turki, setelah mengikuti pameran di luar negeri.

Pesanan dikerjakan oleh para perajin di beberapa wilayah, meliputi Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen (Barlingmascakeb).

Ketua Koperasi Produsen wilayah Barlingmascakeb, Restyarto Efiawan mengatakan pihaknya mulai serius menjajaki pasar Timut Tengah dan Eropa setelah melihat animo pada produk turunan kelapa itu.

"Penjajakan pasar ekspor Eropa ini merupakan hasil acara Istanbul Halal Expo di Turki pada 5-8 September 2013 juga mengikuti Hong Kong Food Expo pada 15-17 Agustus 2013 yang membuahkan hasil pesanan pihak luar negeri," katanya, Jumat (13/9/2013).

Pada Istanbul Halal Expo koperasi berhasil menggaet pesanan berkelanjutan cukup besar mencapai 200 ton per bulan untuk pengiriman ke Turki, sementara dari acara di Hong Kong dengan pemesanan sebesar 142 ton per bulan dari wilayah Eropa.

Pengiriman gula semut ke Turki itu, katanya, akan dilakukan mulai November nanti melalui grup distributor dari Turki untuk di distribusikan ke negara di Timur Tengah dan Eropa.

Untuk menindaklanjuti kontrak pemesanan sebanyak 200 ton setiap bulannya, beberapa pengusaha Turki yang didampingi oleh staf Konsulat Jenderal RI untuk Istanbul akan mengunjungi sentra produksi gula semut yang tersebar di Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen.

Kepala Bidang Industri Agro Dinas Perindustrian Perdagangan Jateng Amri Priyono mengatakan Jateng berpotensi menjadi pusat produksi gula kelapa kristal terlebih sudah merambah pasar luar negeri sehingga produksi bakal berjalan lancar.

"Potensinya tinggi, tinggal memperbaiki kemasan, mengupayakan peningkatan kapasitas produksi dan pemasaran yang lebih luas," tuturnya.

Saat ini, harga gula semut dari wilayah sentra masih bervariasi antara Rp19.000 - Rp25.000 per Kg menyesuaikan kemasan dan kehalusan serbuk. Untuk kualitas ekspor harga berada di kisaran Rp21.000 keatas.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Author